Jumat, 26 November 2010

No. 80/MC.TDBM/11/2010

SIARAN PERS
No. 80/MC.TDBM/11/2010

JARINGAN LISTRIK DI LUAR RADIUS 5 KM SUDAH NORMAL

Yogyakarta, 25/11/2010 (Media Center Kominfo, 21:00)– Jaringan listrik di luar radius 5 km sudah normal, baik di wilayah Jawa Tengah maupun DI Yogyakarta.
 “Saya menegaskan seluruh listrik 100% di luar radius 5 kilometer sudah menyala semua. Tugas pokok kami tetap menyiapkan listrik menyala dan BBM berjalan,” ujar Staf Ahli Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Belo, saat memberikan paparan kepada Kepala BNPB dan dinas terkait, di Kantor Pemda Klaten,Jateng, Kamis (25/11)
Akibat letusan Gunung Merapi, sejak 26 Oktober 2010, listrik banyak yang padam hingga di radius 20 kilometer. Kementerian ESDM sudah menyelesaikan masalah listrik ini. Sedangkan yang di dalam radius 5 kilometer masih dalam perencanaan bagaimana cara perbaikannya, karena diakui memang hal itu sulit.
Terkait dengan kebutuhan listrik untuk hunian sementara (Huntara), dengan asumsi memenuhi kebutuhan 2.900 huntara, Belo mengupamakan dibutuhkan tiga titik lampu. Dengan demikian, total biaya yang dibutuhkan mencapai Rp3 miliar.
Belo mempersilakan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengirimkan surat permintaan pemasangan listrik kepada Kementerian ESDM. Hal yang sama berlaku pula untuk kebutuhan kompor gas bagi masyarakat di 2.900 huntara. “ESDM meminta surat dari BNPB agar jangan setelah pekerjaan ini selesai, Kementerian ESDM dipanggil KPK. Surat dari BNPB untuk melengkapi administrasi,” jelasnya.
Dengan telah berfungsinya jaringan listrik secara normal, Kepala BNPB Syamsul Maarif mengijinkan pihak Kementerian ESDM menarik genset yang sudah tidak diperlukan. “Kalau diperlukan untuk di tempat lain. Genset itu ada pertanggunganjawabnya,” ujarnya.
Menurut Syamsul, genset mungkin dibutuhkan di Jawa Timur, karena Gunung Bromo terus menunjukkan peningkatan aktivitas. “Genset yang sudah dibagikan di daerah pengungsi bila sudah tidak diperlukan lagi di tempat pengungsian bisa ditarik,” tegas Syamsul.
Soal listrik gratis bagi korban Merapi, Syamsul mengatakan tetap ada kewajiban bagi masyarakat, yakni menggunakan listrik dengan tidak boros. “Saya juga nanti akan mengirim surat kepada Menteri ESDM, bagaimana kalau sebulan gratis pembayarannya. Intinya kita menempatkan masyarakat menjadi tujuan utama dalam masalah ini,” tegasnya.
_________

Kontak         : Hermana, BNPB
Telepon       : 0274 – 547 359 (Hotline Media Center)
Hp               : 0812 9691864
Kontak         : SelamattaSembiring, BadanInformasiPublikKementerianKominfo
Hp               : 08128334942         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar