Jumat, 12 November 2010

No. 09/MC.TDBM/11/2010



SIARAN PERS
No. 09/MC.TDBM/11/2010

DRS SUBANDRIYO: PROSES ERUPSI MERAPI BELUM SELESAI


Yogyakarta, 11/11 (Media Center Kominfo) - Kepala Balai Penyuluhan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK), Badan Geologi, Kementerian Energi Sumber Daya Energi (ESDM) Drs Subandriyo, M.Si mengatakan, dari pemantauan selama empat hari terakhir, proses erupsi Gunung Merapi belum selesai.

Menurut Subandriyo di Kantor Media Center Tanggap Darurat Bencana Gunung Merapi di Yogyakarta, Kamis, kenyataan bahwa proses erupsi Gunung Merapi belum selesai bisa dilihat dari berbagai indikator, yaitu adanya hembusan gas yang masih kuat, warnanya yang pekat, masih terjadinya awan panas, dan masih terus terjadi guguran lava pijar.

Ia mengaku tidak bisa memprediksi dengan tepat apakah Gunung Merapi akan meletus lagi atau tidak, namun ia membenarkan bahwa Gunung Merapi masih sangat berbahaya dan sewaktu-waktu bisa saja terjadi letusah yang tidak bisa diduga sebelumnya.

“Namun diharapkan indikator yang lebih jelas dapat dilihat beberapa hari kemudian, misalnya, apakah letusan Merapi sudah melewati puncaknya atau masih akan ada lagi letusan lain,” katanya.

Subandriyo mengatakan bahwa pihaknya masih memerlukan waktu untuk melakukan pemeriksaan dan analisa data dari berbagai indicator yang ada, meskipun dengan material yang sudah dikeluarkan selama proses erupsi yang mencapai 130 juta meter kubik lebih menunjukkan bahwa bahan material yang dikeluarkan itu merupakan jumlah terbesar yang pernah diletuskan oleh sebuah gunung berapi pada abad 19 dan 20.

“Artinya, jika statusnya masih awas, maka tidak boleh ada warga yang melanggar ketentuan, dan rekomendasinya juga tetap, masyarakat harus berada di wilayah aman, yaitu di luar radius 20 km. Nanti setelah kami melakukan pengawasan dan evaluasi, serta dianggap sudah layak dan tidak berbahaya bagi masyarakat, maka statusnya pasti akan diturunkan, dan masyarakat bisa kembali ke daerahnya,” katanya.
_________

Kontak         : Hartje Winerungan, Kabid Humas BNPB
Hp               : 0815 9926 781

Tidak ada komentar:

Posting Komentar