Selasa, 15 Maret 2011

No. 6/MC.ARF-DIREX/03/2011


SIARAN PERS
No. 6/MC.ARF-DIREX/03/2011

WAPRES BERIKAN APRESIASI PADA MASYARAKAT MANADO YANG MERESPON CEPAT PERINGATAN DINI TSUNAMI


Manado 15/3 (Media Center ARF DiREx 2011, 15:45) Wakil Presiden (Wapres) Boediono memberikan apresiasi kepada masyarakat Manado Sulawesi Utara yang mampu merespon secara cepat peringatan dini tsunami sehingga seluruh masyarakat yang berada di pesisir pantai berhasil dievakuasi.

Hal tersebut dikatakan Wapres Boediono saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara Asean Regional Forum-Disaster Relief Exercise (ARF-Direx) 2011 atau latihan bersama internasional penanggulangan bencana di kawasan Pantai Mega Mas, Kota Manado, Sulawesi Utara, Selasa (15/3).

Dikatakan Wapres, dirinya mendapat laporan bahwa ketika terjadi gempa bumi dan tsunami empat hari lalu di Negara Jepang, masyarakat Manado di seluruh pesisir pantai merespon peringatan dini tsunami oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sehingga dalam tempo relatif singkat berhasil diungsikan meskipun kemudian peringatan dicabut kembali.

“Ini adalah pelajaran penting buat kita semua. Tanpa peningkatan kesadaran kita tidak akan mampu mengatasi bencana yang mengancam setiap saat,” kata Wapres Boediono di Manado.

Wapres mengatakan, kejadian gempa dan tsunami di Jepang merupakan pelajaran bagi kita semua di mana sangat penting dalam mengelola manajemen penanggulangan bencana secara multilateral dengan bekerjasama kepada negara kawasan regional dalam hal ini ARF DiREx.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres mengajak para hadirin untuk mengheningkan cipta sejenak guna mendoakan para korban bencana yang terjadi secara bersamaan pada 11 Maret 2011 yakni gempa bumi dan tsunami di Jepang serta bencana banjir di Nanggroe Aceh Darussalam yang mengakibatkan jumlah korban dan kerusakan yang besar.


Kontak: Hypolitus Layanan (0813 1138 1828)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar