Senin, 29 November 2010

No. 97/MC.TDBM/11/2010


SIARAN PERS
No. 97/MC.TDBM/11/2010

DINSOS DIY BENTUK SEKRETARIAT BERSAMA PERLINDUNGAN ANAK DAN LANSIA
Yogyakarta, 29/11/2010 (Media Center Kominfo, 14:00)–Dinas Sosial Provinsi DI Yogyakarta  membentuk sekretariat bersama untuk program perlindungan anak dan lanjut usia bagi korban erupsi Gunung Merapi.
Demikian dikemukakan Kepala Dinas Sosial Provinsi DIY Sulistyo di Media Center Tanggap Darurat Merapi, Jalan Kenari No 14 A, Yogyakarta, Senin (29/11). “Kita telah membentuk Sekretariat Bersama Perlindungan Anak yang beranggotakan elemen dari unsur instansi pemerintah, lembaga masyarakat baik internasional maupun lokal yang bergerak di bagian perlindungan anak,” katanya.
Guna mendukung program yang juga melibatkan mahasiswa itu, Dinas Sosial Provinsi DIY telah melakukan pelatihan bagi para relawan. Melalui pelatihan ini, diharapkan para relawan dapat mendata anak dan lansia yang ada di pengungsian. Selain melakukan pendataan juga memberikan pendampingan.
“Supaya anak tidak mengalami trauma dan kehidupan mereka ke depan dapat dipenuhi, dimanapun anak tersebut berada, termasuk juga bagi lansia. Jangan sampai yang kita perhatikan hanya hal-hal yang sifatnya konsumtif, sehingga lupa menangani kejiwaan anak dan para lansia,” jelas Sulistyo.
Terkait dengan surat edaran dari Bupati Sleman, yang mengharapkan agar pengungsi yang berada tersebar di kabupaten/kota untuk kembali menempati posko-posko pengungsi yang telah disediakan oleh pemerintah Kabupaten Sleman, Dinas Sosial sangat mendukung kebijakan itu. “Ini juga dalam rangka upaya agar dapat lebih dekat ke tempat kediaman mereka yang selama ini ditinggalkan,” jelasnya.
Diakui, tidak mudah mengupayakan penanganan terhadap manusia, khususnya para pengungsi untuk masuk ke hunian sementara (huntara). Perlu tindakan lebih intensif, komprehensif dan terfokus.
Saat ini, Dinas Sosial memegang data pengungsi sekitar 2.526 KK yang rumah sudah tidak bisa ditempati lagi, termasuk beberapa di antaranya pekarangan rumah mereka juga rusak. Kebutuhan hidup mereka tentu harus kita penuhi oleh pemerintah, karena memang sudah tugas pemerintah untuk memenuhinya.


_________
Kontak         : Hermana, BNPB
Telepon       : 0274 – 547 359 (Hotline Media Center)
Hp               : 0812 9691864
Kontak         : Selamatta Sembiring, Badan Informasi Publik Kementerian Kominfo
Hp               : 08128334942        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar