Senin, 29 November 2010

No. 96/MC.TDBM/11/2010


SIARAN PERS
No. 96/MC.TDBM/11/2010

DINSOS AKAN BENTUK KELOMPOK USAHA DI HUNTARA
Yogyakarta, 29/11/2010 (Media Center Kominfo, 13:30)– Dinas Sosial Provinsi DI Yogyakarta mengupayakan pemenuhan kebutuhan korban letusan Gunung Merapi di hunian sementara (huntara) lebih berfokus pada pemberdayaan masyarakat. Upaya pemberdayan dilakukan dengan menggali potensi masing-masing kabupaten.
Kepala Dinas Sosial Provinsi DIY Sulistyo mengatakan pihaknya bekerjasama dengan berbagai instansi untuk membentuk kelompok usaha bersama. Misalnya dengan Dinas Perikanan akan melakukan pemberdayaan dengan membentuk kelompok usaha perikanan,” katanya kepada wartawan di Media Center Tanggap Darurat Merapi Jalan Kenari No 14 A Yogyakarta, Senin (29/11).
Di samping upaya pemberdayaan tersebut, Dinas Sosial juga sudah menyiapkan 180 ton beras, kebutuhan tempat tidur, dapur, peralatan mandi dan peralatan untuk hidup lainnya. Distribusi segala kebutuhan logistik dilakukan bersama lurah dan camat setempat di kabupaten yang telah ditetapkan sebagai titik-titik pembangunan huntara.
Dinas Sosial sampai saat ini juga melakukan upaya perlindungan anak. Program ini di bawah koordinasi Sekretariat Bersama se-DIY bersama instansi terkait seperti UNICEF dan berbagai yayasan bidang perlindungfan anak.
Sulistyo mengungkapkan ada data lima anak kehilangan orangtua yang sekarang masih tinggal di Rumah Perlindungan Sosial Anak. Mereka akan terus dirawat sampai ditemukan kembali dengan orangtuanya. Sampai saat ini, Dinas Sosial masih melakukan pendataan anak di pengungsian, agar kebutuhan mereka bisa diketahui dan dipenuhi.
Hal lain yang dilakukan Dinas Sosial adalah upaya perlindungan lansia. Relawan dilatih dalam pendampingan lansia. Lansia DIY yang mendapatkan jaminan sosial sebanyak 600 orang. Mereka mendapatkan 300 ribu perbulan. Dinas Sosial akan mendata lansia korban bencana di Sleman yang diperkirakan ada sebanyak 200 orang,” urai Sulistyo.
_________
Kontak         : Hermana, BNPB
Telepon       : 0274 – 547 359 (Hotline Media Center)
Hp               : 0812 9691864
Kontak         : SelamattaSembiring, BadanInformasiPublikKementerianKominfo
Hp               : 08128334942        
Audio:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar