Rabu, 16 Maret 2011

No. 10/MC.ARF-DIREX/03/2011


SIARAN PERS
No. 10/MC.ARF-DIREX/03/2011

BUPATI: HUTAN KENANGAN SANGAT BESAR MANFAATNYA

Manado (16/3) – (Media Center ARF DiREx 2011, 15:00) Bupati Minahasa Utara (Minut) Sompie Singal mengatakan, meskipun luas wilayahnya sangat kecil namun Hutan Kenangan memiliki manfaat yang sangat besar untuk menghindari bahaya bencana alam. Hal tersebut dikatakan Sompie dalam sambutan acara penanaman pohon yang dilakukan oleh para delegasi peserta ARF DIREX 2011, Rabu Siang (16/3) di Komplek Kantor Bupati Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

“Meskipun kecil tapi sangat besar manfaatnya bagi Minut sekaligus sebagai sarana untuk mendidik masyarakat agar mencintai lingkungan,” katanya. Menurut Sompie, hutan Kenangan dibuat sebagai bentuk kepedulian masyarakat Minut untuk mengantisipasi bahaya bencana seperti banjir dan tanah longsor. Selain itu, bermanfaat untuk menyimpan air, membuat udara segar, teduh dan sumbangsih mengurangi dampak pemanasan global.

Dalam sambutannya, Bupati Minut menyampaikan rasa terimakasih kepada para delegasi peserta ARF Direx 2011 yang telah memilih Minut sebagai lokasi penanaman pohon. Bupati juga menyampaikan rasa rasa duka citanya atas musibah yang menimpa Negara Jepang.

Dalam acara tersebut, hadir diantaranya Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Wakil Bupati Minut, sejumlah Duta Besar atau perwakilan dari 20 negara diantaranya, Jepang, China, Amerika, serta sejumlah negara di ASEAN dan uni Eropa serta jajaran pemerintah daerah Minut.

Masing-masing perwakilan menanamkan pohon yang telah disiapkan oleh panitia yang berjumlah 36 pohon dengan jenis yang bermacam-macam, mencakup tanaman buah-buahan hingga tanaman berjenis trembesi, kemiri dan jati. Pohon tersebut diberi nama sesuai dengan orang atau asal negara yang menanamnya.

Di hadapan para delegasi, Bupati Minut mempromosikan sejarah singkat Kabupaten Minut yang merupakan kabupaten hasil pemekaran. Minut memiliki ibukota bernama Airmadidi dengan luas daratan 1.053,39 km², laut 1.261 km² dan memiliki jumlah penduduk sekitar 200.000 jiwa. Minut memiliki 10 kecamatan dengan 118 desa dan 6 kelurahan.

Di jelaskan Bupati, Kabupaten Minut memiliki lokasi yang strategis karena berada di antara dua kota, yaitu Manado dan kota pelabuhan Bitung. Dengan jarak dari pusat kota Manado ke Airmadidi sekitar 12 km yang dapat ditempuh dalam waktu 30 menit. Sebagian dari kawasan Bandara Internasional Sam Ratulangi terletak di wilayah Minut.

Sumber daya alam di Minut didominasi oleh pertanian dan perkebunan dengan primadona tanaman kelapa yang adalah terbesar di seluruh wilayah Minut sehingga merupakan usaha tani utama penduduk. Selain itu tanaman cengkih serta buah-buahan antara lain buah duku, langsat, manggis dan rambutan banyak dihasilkan oleh petani.

Hasil laut dan perikanan, yaitu perikanan air tawar berupa ikan Cakalang Mas dan ikan Mujair. Perikanan air laut berupa tambak kerapu, bandeng, udang, lobster dan pengembangbiakan rumput laut serta kerang mutiara. Pertambangan merupakan sumber daya yang masih memiliki potensi yang terpendam karena sampai saat ini belum diolah secara maksimal. Di mana Minahasa Utara juga memiliki potensi kekayaan emas yang besar.

Minahasa juga memiliki daerah ini memiliki banyak potensi wisata antara lain cagar budaya Waruga atau kuburan batu moyang Minahasa, batu bertumbuh di desa Watutumou dan Karapan Sapi. Wisata Laut, yaitu Taman Laut di pulau Gangga, pulau Lihaga, pulau Nain dan pulau Talise.

Selain itu, terdapat makam pahlawan nasional Ibu Maria Walanda Maramis. Gunung tertinggi di Sulawesi Utara, yaitu Gunung Klabat atau Tamporok. Pasar tradisional di Airmadidi yang menjual berbagai makanan khas Tonsea serta obyek wisata yang baru dibangun oleh pemerintah daerah, yaitu obyek Wisata Religius Kaki Dian dan Hutan Kenangan yang keduanya berlokasi di kaki gunung Klabat.

Minut memiliki dua hotel berbintang empat, yaitu Hotel Sutan Raja di Watutumou dan Hotel Paradise di Likupang. Selain itu juga banyak berdiri resort berstandar internasional, antara lain Kima Bajo Resort dan Gangga Resort


Kontak: Hypolitus Layanan (0813 1138 1828)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar