Senin, 14 Maret 2011

No. 3/MC.ARF-DIREX/03/2011


SIARAN PERS
No. 3/MC.ARF-DIREX/03/2011

PEMPROV SULUT GELAR GALA DINNER
DENGAN PESERTA ARF DiREx 2011
Senin (14/3) Pemerintah provinsi Sulut menggelar acara gala dinner dengan peserta ARF DiREx 2011 menjelang pembukaan ARF DiREx 2011 Selasa (15/3). Kegiatan yang berlangsung di kediaman Gubernuran Bumi Beringin Manado Senin malam (14/03) turut dihadiri Menko Kesra Agung Laksono, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Menpan & RB E. E. Mangindaan, Mensos Salim Segaf Aljufrie, Menkominfo Tifatul Sembiring, Panglima TNI Laksamanan TNI Agus Suhartono, Kasal Laksamana TNI Suparno, Kapolri Jenderal Pol. Timur Pradopo, Wakil Menlu Jepang Makiko Kikuta, Dubes Jepang Kojiro Siojiri dan Dubes Amerika Serikat Scot Marcel, Kepala BNPB Syamsul Maarif dan sejumlah pejabat tinggi sipil dan TNI lainnya.
Saat mengawali sambutannya Gubernur Sulut Dr. Sinyo Harry Sarundajang, tak lupa menyampaikan turut berbela sungkawa yang sedalam-dalamnya atas nama pemerintah dan masyarakat Sulut, atas peristiwa bencana alam tsunami yang melanda negara Jepang beberapa hari lalu. Peristiwa tragis tersebut mengingatkan kita semua akan peristiwa yang sama di alami Indonesia tahun lalu, yakni bencana alam tsunami di wasior dan mentawai serta bencana alam meletusnya gunung merapi di jogya. Sebab, akibat dari bencana tersebut mengakibatkan jatuhnya korban jiwa maupun korban material.
Lebih lanjut Sinyo mengemukakan, sekiranya dengan peristiwa ini masyarakat Jepang bisa secepatnya keluar dari permasalahan, sehingga perekonomian bisa berangsur pulih kembali seperti biasa. Sarundajang mengakui baik Jepang maupun Indonesia khususnya Sulut masuk dalam kawasan lingkaran api dimana bencana gunung meletus, gempa bumi, banjir dan juga tsunami kerap melanda kedua negara ini.
Sarundajang juga menyambut baik kedatang peserta baik sipil maupun militer dalam kegiatan ARF DIREx, dimana penanganan bencana ini sangat penting untuk dipelajari oleh negara-negara yang masuk kawasan yang rawan bencana. ARF DiREx merupakan wadah bersama untuk membahas sekaligus melakukan pelatihan managemen penanganan bencana dengan tujuan meminimalisir jatuhnya korban jiwa maupun materi.
Senada dengan Sarundajang Menkokesra Agung Laksono menegaskan latihan bersama sipil dan militer di ARF DiREx yang diikuti 20 negara kali ini sangat penting bagi negara-negara peserta. Untuk memberikan kontibusi positif dalam penanganan bencana dinegara masing-masing, ”disini kita akan belajar bersama bagaimana penangganan bencana yang sesungguhnya”. Ujar Laksono.
Kontak
Nama         : Hypolitus Layanan
Telepon     : 081311381828

Tidak ada komentar:

Posting Komentar