Senin, 14 Maret 2011

No. 2/MC.ARF-DIREX/03/2011


SIARAN PERS
No. 2/MC.ARF-DIREX/03/2011

MENKOMINFO KUNJUNGI MEDIA CENTER ARF DiREx 2011

Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring melakukan kunjungan ke Media Center ARF DiREx 2011 yang berlokasi di Hotel Arya Duta Manado Lantai 6. Dikunjungan yang didampingi oleh Direktorat Jenderal Komunikasi dan Informasi Publik, Freddy H Tulung dan Direktur Pengelolaan Media Publik Dirjen IKP, Sadjan ini Tifatul menyempatkan diri untuk melihat segala bentuk fasilitas yang ada di media center ARF DiREx 2011. Tifatul memaparkan bahwa dalam kegiatan ARF DiREx 2011 ini Kominfo memberikan dukungan penuh terkait masalah komunikasi.

Dalam jumpa persnya Tifatul menjelaskan bahwa kegiatan Asean Regional Forum ini pada awalnya adalah satu forum ASEAN yang membahas tentang isu-isu yang berkaitan dengan kemananan dan pertahanan antar negara ASEAN, namun hal ini berkembang menjadi pembahasan mengenai bencana, “ Asean Regional Forum pada awalnya adalah satu forum yang membahas mengenai isu tentang keamanan dan pertahanan di ASEAN, namun belakangan diperluas pada isu tentang penanggulangan bencana,” papar Tifatul.

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah kegiatan ARF DiREx ini sendiri tidak terlepas dari peran Indonesia dalam keketuaan ASEAN tahun 2011 ini. Kegiatan ini sendiri juga dijelaskan oleh Menteri Komunikasi dan Informatika akan dibuka langsung oleh Wakil Presiden Boediono esok hari, Selasa (15/3). Tifatul berharap bahwa seluruh lapisan masyarakat dapt memberikan kontribusi dan mendapatkan manfaat dari kegiatan ARF DiREx 2011 ini. Tifatul juga mengatakan bahwa sudah melakukan koordinasi dengan Gubernur Sulawesi Utara terkait masalah fasilitas-fasilitas yang akan dibutuhkan selama acara ARF DiREx 2011 ini berlangsung.

Terkait masalah penanggulangan bencana Tifatul memaparkan bahwa militer memegang peran yang sangat penting dalam usaha penanggulangan bencana, disamping militer sudah memiliki SOP khusus terkait penanggulan bencana, militer juga merupakan unsur yang paling mudah untuk digerakkan dalam volume besar mengingat mereka berada di dalam satu komando. Berdasarkan hal ini, maka diharapkan masyarakat sipil bisa mengambil pelajaran-pelajaran langsung dan bisa lebih matang lagi dalam pemahaman terhadap kegiatan-kegiatan menyangkut penanggulangan bencana dari kegiatan ARF DiREx 2011 ini.

Selain kegiatan ARF DiREx 2011 ini, Menteri Komunikasi dan Informatika mengatakan bahwa dalam rangka keketuaan Indonesia dalam ASEAN 2011 ini nantinya ada sekitar kurang lebih 600 even ASEAN yang akan diselenggarakan di seluruh Indonesia, mulai dari pulau Sumatera hingga Papua. Hal ini dianggap oleh Tifatul sebagai kesempatan besar bagi seluruh bangsa Indonesia untuk meperkenalakan dan mempromosikan daerahnya ke level Internasional, “Saya berharap bahwa dengan kegiatan-kegiatan Indonesia dalam keketuaan ASEAN 2011 ini bisa menjadi media promosi gratis bagi daerah-daerah di Indonesia,” papar Tifatul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar