Kamis, 02 Desember 2010

No. 114/MC.TDBM/12/2010

SIARAN PERS
No. 114/MC.TDBM/12/2010

JEMBATAN SEMENTARA SEGERA DIBANGUN DI SUNGAI PABELAN
Magelang 2/12/2010 (Media Center Kominfo – 20.00) Jembatan sementara segera dibangun untuk mengganti beberapa ruas jembatan yang putus akibat terjangan lahar di Sungai Pabelan.
Demikian ditegaskan Wakil Ketua Satuan Tugas Nasional Merapi Irjen Pol Prasetyo, Kamis (2/12), di sela-sela peninjauan ke lokasi-lokasi jembatan di daerah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, yang rusak akibat terjangan banjir lahar dingin di Sungai Pabelan sehari sebelumnya, Rabu (1/12). “Jembatan-jembatan yang rusak sesegera mungkin akan didirikan jembatan sementara. Mengenai jembatan yang menghubungkan jalur utama Yogyakarta-Semarang, hingga saat ini masih dinyatakan berada dalam kondisi aman oleh pihak Dinas PU setempat,” jelasnya.
Sempat muncul wacana sebaiknya jembatan-jembatan yang rusak tidak diperbaiki terlebih dahulu sampai kondisi aman. Tetapi, mengingat masyarakat sangat membutuhkan fasilitas jembatan ini dalam melakukan aktivitas sehari-hari, maka jembatan sementara sangat dibutuhkan.
Terkait masalah pendanaan, dalam rapat koordinasi yang diikuti oleh pihak-pihak terkait di Posko AJU BNPB Jalan Kenari 14a Yogyakarta, anggaran untuk perbaikan jembatan akan dikelola oleh provinsi masing-masing. Jika pendanaan yang dimiliki oleh pihak provinsi sudah tidak memadai, nantinya akan didukung pemerintah pusat. Dana yang disampaikan pusat akan disalurkan melalui BNPB.
Dalam kunjungannya, Prasetyo memantau langsung kondisi di tiga lokasi, yaitu Jembatan Pabelan di ruas Jalan Mendut-Tanjungjapuan, Jembatan Gondowangi di Desa Gondosuli, Sawangan dan Jembatan Dam Kojor Semendi di Dusun Gunung Lemah.
_________
Kontak         : Hermana, BNPB
Telepon       : 0274 – 547 359 (Hotline Media Center)
Hp               : 0812 9691864
Kontak         : Selamatta Sembiring, Badan Informasi Publik Kementerian Kominfo
Hp               : 08128334942        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar