Kamis, 02 Desember 2010

No. 110/MC.TDBM/11/2010

SIARAN PERS
No. 110/MC.TDBM/11/2010

LIMA JEMBATAN RUSAK AKIBAT BANJIR LAHAR DI SUNGAI PABELAN
Magelang, 2/12/2010 (Media Center Kominfo – 15.00) Akibat banjir lahar yang menerjang Sungai Pabelan, Magelang, Selasa (1/12), lima jembatan rusak. Material vulkanik Gunung Merapi, berupa bebatuan dan lumpur, menumpuk  di sepanjang aliran sungai.
Laporan Dinas Pekerjaan Umum dan  ESDM Kabupaten Magelang, Kamis (2/12), mencatat dua jembatan terputus, satu rusak parah dan dua lainnya rusak ringan. Jembatan-jembatan yang mengalami kerusakan adalah dua Jembatan Pabelan di ruas Jalan Talun-Tlatar dan ruas jalan Mendut-Tanjungjapuan, Jembatan Gondowangi di Desa Gondosuli Sawangan, Jembatan Dam Kojor Semendi di Dusun Gunung Lemah dan  Jembatan Kojor Bojong.
Kerusakan terparah terjadi pada Jembatan Gondowangi di Desa Gondosuli, Sawangan, akibat overtoping yang mengakibatkan aliran sungai tertutup material batu dan pasir. Aliran berpindah ke sisi kiri menghantam fondasi pinggir jembatan.
Hingga laporan ini diturunkan, akses jembatan terputus total, karena konstruksinya sudah hilang dan di sekitar lokasi bekas jembatan tersebut terdapat bebatuan material vulkanik. Ukuran bebatuan bervariasi, ada yang berukuran kecil dan bebatuan yang ukurannya hampir sebesar mobil.
Jembatan lain yang mengalami kerusakan total adalah Jembatan Dam Kojor Semendi. Setelah pada Kamis (25/11) mengalami kerusakan ringan di bagian pilar, Senin (1/12) pilar tengah dan plat lantai jembatan akhirnya hanyut terbawa arus banjir lahar dingin. Sementara Jembatan Pabelan di ruas Jalan Mendut, mengalami penurunan yang sangat signifikan di bagian pondasi pinggir jembatan (±4 meter) sehingga menyebabkan lantai jembatan melintir ke arah hulu dan akses jalan terputus total.
Dua jembatan lain yaitu Jembatan Pabelan di ruas jalan Talur-Tlatar yang mengalami kerusakan ringan di bagian pilar tengahnya dan Jembatan Kojor Bojong mengalami overtoping dimana material melimpah hingga permukaan jembatan. Namun, kondisinya masih bisa dilalui oleh kendaraan roda dua.
_________

Kontak         : Hermana, BNPB
Telepon       : 0274 – 547 359 (Hotline Media Center)
Hp               : 0812 9691864

Kontak         : Selamatta Sembiring, Badan Informasi Publik Kementerian Kominfo
Hp               : 08128334942        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar