Jumat, 18 Maret 2011

No. 16/MC.ARFDIREX/03/2011

 
SIARAN PERS
No. 16/MC.ARFDIREX/03/2011

KEPALA BNPB TINJAU KEGIATAN PELATIHAN USAR

Manado, 18/3 (Media Center ARF DiREx 2011, 11:00) Kepala BNPB Syamsul Maarif didampingi oleh Direktur Pengurangan Resiko Bencana, Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Bernardus Wisnu Widjaja melakukan kunjungan ke lokasi pelatihan USAR yang berlokasi di gedung kosong tepat di sebelah Blue Banter Area. Syamsul Maarif disambut oleh Letnan Kolonel Francis NG selaku perwakilan dari tentara Singapore yang ikut serta dalam kegiatan pelatihan penanggulanan bencana ini. Di posko Kepala BNPB diperlihatkan jadwal kegiatan, struktur organisasi serta prosedur evakuasi.
Kegiatan pelatihan penanggulangan bencana yang dilakukan team USAR hari ini adalah high rescue breaching, shoring, CSR dan CSSAR (Conversion Search and Rescue) yang dilakukan oleh tim SAR dan juga tentara dari Negara Uni Eropa, Singapore, India dan Indonesia. Latihan ini memiliki sasaran utama untuk dapat menangani masalah evakuasi korban-korban yang saat bencana terjadi tertimpa gedung.
Dalam kunjungannya Kepala BNPB meninjau langsung ke pos komando pusat SAR dan juga menyaksikan langsung proses kegiatan latihan yang dilakukan oleh tim-tim SAR, mulai dari kegiatan evakuasi korban darat yang dilakukan oleh tim dari Singapore dan Indonesia di lantai dua gedung kosong dikawasan Blue Banter. Maarif juga menyaksikan secara langsung proses kegiatan peneorobosan yang dilakukan oleh anggota SAR Prancis dan Indonesia, dan juga proses penyelamatan yang dilakukan oleh tim SAR melalui laut dan udara.
Mengenai latihan USAR ini komandan kontingen Prancis Letnan Kolonel Remi Chassaing berkomentar “Latihan ini sangat berguna untuk bertukar pengalaman, baik itu dalam metode penyelamatan maupun pada alat-alat yang digunakan,” papar Chassaing.
Hadir dalam kunjungan tersebut Jenderal TNI Laksamana Willem Rapangilei, Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Djouhary Kansil.
Kontak
Nama         : Hypolitus Layanan
Telepon     : 081311381828
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar