Kamis, 17 Maret 2011

No. 13/MC.ARFDIREX/03/2011


SIARAN PERS
No. 13/MC.ARFDIREX/03/2011

KEMENTERIAN PU PASANG PENJERNIH AIR DI PULAU BUNAKEN

Manado, 17/3 (Media Center ARF DiREx 2011, 14:00) Kegiatan bakti sosial dalam rangkaian kegiatan ARF DiREx 2011 hari ini Rabu (17/3) dilaksanakan di Pulau Bunaken. Kegiatan terdiri dari pembangunan jalan dan pemasangan penjernih. Kegiatan ini di dukung oleh Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Kesehatan, Tentara Nasional Indonesia, Tentara Filipina dan juga masyarakat setempat.
Joko Wismoko Fungsional Pelaksana Muda dari Kementerian PU menjelaskan bahwa kegiatan pemasangan penjernih air yang dilakukan oleh PU bersama dengan tenaga ahli dari Urban Ruhak Nusapala, hal ini dikarenakan kegiatan pemasangan penjernih air ini memang membutuhkan keahlian khusus.
Joko menjelaskan bahwa alat penjernih yang dipasang ini merupaka produk buatan anak bangsa, “Penjernih air yang di pasang di Bunaken ini merupakan hasil karya anak bangsa, walaupun beberapa suku cadangnya memang masih harus didatangkan dari luar negeri,” papar Joko.
“Penjernih air ini bisa menghasilkan air sebanyak 15 liter dalam satu menit,” jelas Joko lagi. Satu buah alat penjernih air tersebut diperkirakan bisa mencukupi kebutuhan untuk 100 KK, bisa juga lebih, tergantung pada jumlah pemakaian air rumah tangga tersebut.
Penjernih air ini baru bisa digunakan untuk merubah air payau dengan tingkat keasinan 80% menjadi air yang bisa dikonsumsi untuk kegiatan rumah tangga sehari-hari. Air tersebut bisa dikonsumsi langsung, namun jika yang mengonsumsi belum yakin bisa juga dimasak terlebih dahulu. “Biaya pemasangan penjernih air ini adalah sekitar 800 juta,” papar Wismoko. “Penjernih air ini telah dipasang  beberapa buah di desa-desa di Pulau Bunaken, dan perawatannya akan berada di bawah pengawasan Dinas PU setempat,”imbuhnya lagi.
Joko memastikan bahwa kegiatan ini tidak hanya terbatas pada even ini saja, nantinya akan terus berlanjut, namun semuanya terkait pada masalah ketersediaan anggaran. Kendala utama dalam pengembangan kegiatan ini adalah masalah ketersedian energi listrik di lokasi pengembangan.
Kontak
Nama         : Hypolitus Layanan
Telepon     : 081311381828

Tidak ada komentar:

Posting Komentar