Rabu, 01 Desember 2010

No. 106/MC.TDBM/11/2010


SIARAN PERS
No. 106/MC.TDBM/11/2010

BUTUH RP4 MILIAR PER 200 METER UNTUK ‘DANDAN’ KALI CODE

Yogyakarta, 01/12/2010 (Media Center Kominfo, 12:00)–Pemerintah DI Yogyakarta melakukan pengerukan dan memperbaiki sisi timur dan barat bantaran Kali Code di Desa Gondolayu, Kota Baru Masjid Suhada, Yogyakarta. Panjang Kali Code dari utara ke selatan ke arah kota (tidak dihitung kelokan) sekitar 6,5 km.
Menurut Kepala Dinas Pemukiman dan Prasarana Wilayah DI Yogyakarta  Eko Suryo, dibutuhkan biaya cukup besar untuk memperbaiki bantaran Kali Code. “Biaya untuk ‘dandan’ (memperbaiki) pinggiran Kali code sepanjang 200 meter ini saja, saya butuh Rp4 miliar,” kata Eko di sela-sela aktivitas mengawasi perbaikan Kali Code, Rabu (1/12).
Selain mengeruk endapan pasir ke karung-karung yang dipergunakan untuk membuat tanggul, juga dilakukan pemasangan bronjong di titik-titik pembelokan arus air.Pemasangan bronjong dilakukan di titik-titik totokan arus air untuk mencegah terjadinya longsor akibat abrasi air. Bronjong adalah anyaman dari kawat besi berukuran 3x1,5x0,5 meter. “Sepanjang Kali Code setiap totokan atau pembelokan arus air yang rusak akan direhab dengan memakai bronjong dengan kawat yang diisi batu-batu. Jadi tidak hanya dengan batu saja,” jelasnya.
Eko belum bisa memperkirakan berapa kerugian kerusakan infrastruktur di bantaran Kali Code akibat terjangan banjir lahar Merapi. Adapun kerusakan akibat banjir lahar ini di antaranya 41 MCK tidak berfungsi. Selain itu, saluran drainase yang tidak bisa mengalir karena tersumbat sebanyak 28 buah, serta titik-titik (totokan-totokan) arus yang rusak ada 54 buah.
Untuk melakukan perbaikan, pengerukan dan penambalan sisi-sisi Kali Code, selain melibatkan masyarakat, juga diterjunkan 260 personel TNI. “Mereka melakukan pengerukan endapan pasir di sepanjang Kali Code ini. Pasir hasil kerukan dimasukkan ke karung yang nantinya digunakan untuk membuat tanggul-tanggul sementara,” kata Kolonel Kavelari Sumedi, Danrem 072 Pamungkas DI Yogyakarta.
Pantauan Newsroom, perbaikan Kali Code menjadi tontonan dan mendapat perhatian masyarakat yang setiap harinya selalu melalui jalan I Dewa Nyoman Oka. Arus lalu lintas dua arah macet menjadi sedikit terhambat.
_________

Kontak          : Hermana, BNPB
Telepon        : 0274 – 547 359 (Hotline Media Center)
Hp               : 0812 9691864
Kontak          : SelamattaSembiring, BadanInformasiPublikKementerianKominfo
Hp               : 08128334942        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar